Wednesday, February 01, 2012

BPS Legal Pertamina 2011 Part 6 – My First OJT in Balikpapan

Mendarat di Sepinggan, Menginap di Wisma Patra

Senyum pagi di Wisma Patra, Balikpapan ( I LUV U)

Pesawat Garuda yang mengantarkan kami mendarat dengan mulus di Bandara Sepinggan Balikpapan sekitar jam 11.20 siang WITA (untuk pertama kalinya dalam seumur hidup berada di daerah WITA, jetlag…). Beberapa menit kemudian kami dijemput oleh driver dengan mobil kantor dan diantar ke Wisma Patra di Jalan Minyak. Begitu sampai disana kita merasa serem awalnya, bayangkan berada di bangunan yang dibangun pada tahun 1960-an dan sepertinya kurang dirawat. Spooky……

Ulang Tahun Desi


Happy birthday Mbok Des..

Tapi, itu hanya sebentar. Ternyata disini lumayan menyenangkan. Besoknya kita sudah jalan-jalan di Pantai Melawai, tempat anak-anak gaul Balikpapan. Setelah makan jagung bakar kita pulang. Beberapa hari kemudian kita mempersiapkan surprise untuk ulang tahun Desi. Yup, karena nuansa disini sudah spooky, maka konsep kita adalah romantic. Lilin-lilin kecil dibentuk menjadi bentuk “LOVE” dan kita menaruh Desi ditengah-tengahnya. Mbok Des (panggilan sayang di Legal) akhirnya kita kerjain juga, campuran tepung, telur, masako, sehingga sudah cocok untuk membuat kue. Hahahaha…


Kemala Beach, BALI-kpapan


@ Pantai Kemala, Balikpapan

Konsep yang diusung adalah nuansa Pantai Jimbaran, Bali sehingga memang pantai ini layak untuk dikunjungi. Pasir pantai yang putih dan luas ditambah kafe Jimbaran serta alunan music Bali yang mengalun memang membuat pengunjung serasa di Bali, pedahal adanya di Bali-kpapan. Kalo mw ke Kemala, cukup naik angkot 06 warna biru (dari terminal) dengan ongkos Rp 3000, turun di kawasan Polisi (Bhayangkari).


Ulang Tahun Vindria


Surprise buat Mbak Vindria..

Siapakah Vindria? Yup perlu dijelaskan dulu ya, dia adalah Legal Assistant III Fuel Retail Marketing Area Kalimantan (FRM VI). Jadi, ditempat kami OJT di FRM ada Legal Area Manajer (Bpk. Agung Wibowo), Legal Assistant I (Bpk. Pulo Manurung), Legal Assistant II (Mas Fajar Purnadi) dan mbak Vindria Yedirima. Jadi tanggal 23 Desember adalah ulang tahunnya, dan kita membuat surprise. Dan sebagai imbalannya, kita ditraktir makan siang di Pondok Kelapo Sea food Resto. Asyik…akhirnya bisa makan disini juga.


@ Pondok Kelapo Seafood Resto

Taman Wisata Borneo Life, Teritip

Waktu yang singkat (2 bulan) di Balikpapan memang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengeksplor kota ini. Penulis menyebut Balikpapan adalah Santorini-nya Indonesia (baca: Santorini adalah kota pantai terindah di dunia dan berada di Yunani). Agak berlebihan, tentu saja tidak. Lihat pada malam hari, wow, it’s so beautiful..


@ Taman Wisata Borneo Life, Tritip

Kami telah mengunjungi hampir semua objek wisata di Balikpapan. Diantaranya Melawai Beach, Kemala Beach, Manggar Beach, Banua Patra Beach, Monpera, Taman Bekapai, Bangkirai, dan untuk melengkapinya kami mengunjungi juga Taman Wisata Borneo Life di Teritip & Lamaru Beach. Untuk ke Teritip cukup naik angkot (baca: taxi kalo di Balikpapan) No. 07 warna hijau tua dari terminal kota di Jl Sudirman dan bayar ongkos Rp 5000. Untuk masuk teritip bayar Rp 10.000. Koleksi disana antara lain Gajah, Monyet, Mawas, Bekantan dan tentu saja, si Raja Air Kalimantan, Buaya Muara.

@ Pantai Lamaru with Faisal

Setelah puas melihat koleksi buaya, kita melanjutkan perjalanan ke Lamaru. Tidak banyak yang dapat dilihat disini karena sedang ada pembangunan sehingga objek wisata ini sedang ditutup.


Botanical Garden Sungai Wain


Kegiatan Menanam Pohon @ Kebun Raya Sei Wain

Pada hari terakhir kami OJT di FRM VI Balikpapan, kami mengikuti kegiatan menamam 1 Milyar pohon di Kebun Raya Sungai Wain, Balikpapan Utara. Penulis sendiri menamam 4 batang pohon. Semakin lengkap perjalanan di kota Balikpapan. Hehehehe….

Tahun Baru Kelabu, 01 Januari 2012

Tahun baru 2012 kali tampak berbeda. Saya merayakannya sendiri di dalam kamar. Apa serunya? Sebenarnya untuk mengusir rasa rindu akan suasana tahun baru di kota masing-masing, kami sudah merancang perayaannya di Kemala. Tapi, aku akhirnya tidak ikut. Mood-ku lagi bête abis. Ditambah sms dari adik kalo Mama lagi sakit. Pusing. Malas keluar rumah! Akhirnya, setelah jam 00.00 tanggal 01 Januari 2012, saya hanya berdoa sejenak, terus nelpon mama nanya keadaannya, dan langsung tidur. Keesokannya bahkan saya tidak kemana-mana, bahkan tidak ibadah ke gereja. KELABU.

Security Briefing from Mr. Sunardi

Tanggal 2 udah masuk kantor di tempat yang baru yaitu Refinery Unit V Balikpapan. Hari pertama kita harus buat badge agar ada akses masuk kantor, setelah itu security briefing session dari Mr. Sunardi. Panjang lebar kuliah waktu itu, sambil kita ditraktir makan siang & buah langsat.

Tanggal 3 akhirnya dapat kerjaan mereview 1 kontrak dan jam 2 siang mengikuti Safety Induction. Kata temen2 dan saya, di tempat dulu lebih seru… Tapi kita jalani saja namanya juga baru 3 hari dan semoga menikmati tempat yang baru.

Perjalanan ke Samarinda


Gedung DPRD Kaltim (Wikimedia)

Tanggal 05 Januari 2011, kita berangkat ke Samarinda buat menemani Mba Dian ke Kantor BPN dan beberapa instansi di kota tersebut. Karena padatnya kegiatan kita tidak sempat jalan-jalan atau foto-foto disana. Tapi lagian hujan dan banjir sedang melanda (untung buaya dari Sungai Mahakam gak keluar, wkwkkww). Gak apa2lah, yang penting saya sudah melihat kota tersebut. Ada beberapa temapt yang menarik dikunjungi, diantaranya Islamic Center dan Gedung DPRD Kalimantan Timur.

Pump Station Sei Wain

@ Pump House Sei Wain, Balikpapan
Tanggal 06 Januari 2011, kita berangkat lagi ke Sei Wain untuk menemani Mas Gofar melakukan pemeriksaan fisik asset disana. Kami melihat waduk Sei Wain tersebut yang merupakan stok air untuk kilang dan perumahan Pertamina. Disana juga konon ada buaya dan pernah memangsa seorang nenek (wuih, Kalimantan memang erat dengan buaya). Tapi ternyata ada buaya yang lucu juga loh, yaitu BUAYI.. hahaha, pasti imut dan lucu kan….

Jogging ke Lapangan Merdeka

@ Monumen Perjuangan Balikpapan
Tanggal 07 Januari, kita jogging ke Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur (Monpera). Terus dilanjutkan jalan2 ke Banua Patra Beach (lagi) terus sarapan di Lapangan Merdeka. Btw, hati2 kalo makan gado2 disana, suka tidak bersih sayur mayurnya. Saya kena, kayaknya makan serangga yang rasanya pahit dan pedas. Kalo saya muntahkan, rasanya tidak etis karena temen2 lagi pada makan, akhirnya terpaksa dikunyah dan akibatnya?? Lidah dan gusi saya sakit dan gatal, mungkin akibat cairan yang dikeluarkan oleh serangga yang telah saya kunyah itu. Hueks….

JJS ke Batakan Beach House


@ Saung Batakan Beach House

Sorenya kita jalan-jalan santai sore (JJS) ke Batakan Beach House. How to get there? Kalian dapat mencegat angkot 07 warna hijau tua ongkos Rp 3000 (searah dengan Teritip) dari terminal kota dan turun di Batakan. Lokasinya sih tersembunyi oleh hutan2 gitu, tapi tempatnya cozy dan homey banget. Buat pacaran seru deh kayaknya.

Natal Bakor Umkris Pertamina RU V

Perayaan Natal @ Bioskop Banua Patra

Perayaan Natal di Pertamina RU V dirayakan pada tanggal 13 Januari 2012 di Bioskop Banua Patra (lebih cocok perayaan tahun baru Masehi, hehehe). Ternyata rame juga yang datang. Penulis pun menjadi Panitia dadakan deh, seksi konsumsi. Karena harus pulang bareng temen2 yang adalah Panitia, jadinya gak ada angkot lagi. Pulangnya naik mobil bak deh bareng Chandra & Fransco.

Penerima Tamu @ Malam Keakraban Serikat Pekerja

Penerima Tamu @ Makrab Serikat Pekerja
Pada malam keakraban serikat pekerja Mathilda tanggal 15 Januari 2012, kita di daulat menjadi penerima tamu. Meskipun agak melelahkan (hari minggu malam lagi) tetapi kita harus semangat menyapa tamu-tamu undangan. Lumayan, pada akhir acara dapat makan gratis. Wkwkkw….dasar anak kos!

Barbeque @ Malam Keakraban BPS Pertamina Balikpapan

Barbeque Tim BPS Legal Pertamina, Balikpapan

Mengingat Tim BPS Legal akan pulang ke Jakarta, maka kita adakan malam keakraban OJT BPS Pertamina Balikpapan (baik FRM VI maupun RU V) tanggal 21 Januari 2012 di rumah Diva, Gunung Dubbs, Balikpapan. Dengan metode biaya pro rata, kita menikmati berbagai makanan yang kita beli dan sediakan sendiri, bernyanyi, main kartu dan main PS. Ada yang berbincang-bincang ada pula yang pacaran. Macem-macem deh… Karena banyak minum sirup, besoknya saya dan Fransco menderita sakit perut. Bawaannya mules melulu…. Huhuhu…

Kosan Markoni Senang Ceria (MSC)



Members of Kosan Markoni Senang Ceria

Mengingat kembali bahwa Tim BPS Legal akan kembali ke Jakarta tanggal 4 Februari 2012, maka kita putuskan untuk foto bareng anak-anak Kosan Markoni Senang Ceria (MSC) yang membernya terdiri dari Marsha, Desy, Rinta, Wiskusa, Devan, Fransco (Lt.III), Doman, Bibis, Didit (Lt.II), Wawan, Luthfie, Yoppi, Chandra & Nurdin (Lt.I). Total 14 orang. Lumayan banyak juga ya..  I'm gonna miss u guys, especially anak2 Refinery..

2 comments:

Handoko - BPST said...

Seru sekaleee acara OJTnya... Ayok mampir ke palembang....
Ayok mampir ke blognya BPS Ref.. hehe..
http://wacanabpst.wordpress.com

handoko

Kardoman Tumangger said...

@ Handoko: Iya dong, kalau OJT di Unit pasti seru!! Banyak waktu buat jalan-jalan, nggak kaya di Jakarta. Untung pernah OJT di Unit, di Balikpapan lagi, meski cuma 2 bulan. Hehehe..