Thursday, April 09, 2009

Tour of Sunda Land Part 1 - Kota Bandung

Setelah tuntas berjalan-jalan ke Tanah Jawa (The Java Land) yaitu Jawa Tengah dan Yogyakarta (mungkin untuk Jawa Timur dilain kesempatan), maka Kardoman kali ini juga berkeliling di Tanah Pasundan (Sunda Land). Kalo ke Java Land, Kardoman memilih ke kota Gudeg Yogyakarta, Kota Borobudur (Magelang) dan Kota Pesona Asia, Semarang, maka kali ini Kardoman ingin berkeliling di Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kota Singaparna dan Kota Dodol, Garut. Di Bandung pasti tahu kan, Parijs van Java ini adalah salah satu kota paling eksotis di Pulau Jawa dan Pangalengan, tepatnya ke Kampung Cikondang. Sedangkan untuk Tasikmalaya, Kardoman dan rekan-rekan berkunjung ke Kampung Naga, ke Singaparna berkunjung ke rumah Kakek/Nenek Idah Rosida (sekalian menginap sih) dan ke Garut memilih ke Kampung Pulo, Cangkuang, Leles.


1. Kota Bandung


Kalo ke Kota Bandung, pasti kita akan melihat-lihat pusat perbelanjaan modern dulu yah. Ada beberapa mal terkenal di Bandung, diantaranya Bandung Supermal (mal terbesar di Bandung, terletak, di Jalan Jenderal Gatot Subroto), Parijs van Java Mal (mal paling eksotis di Bandung, terletak di Jalan Suria Soemantri, Sukajadi), Cihampelas Walk (mal yang paling digandrungi anak gaul Bandung maupun wisatawan dari luar kota termasuk Jakarta, terletak di Jalan Cihampelas), Bandung Indah Plaza (plaza yang paling sering dikunjungi oleh mahasiswa pada umumnya, terletak di Jalan Merdeka), disamping itu ada Bandung Electronic Centre (pusat perbelanjaan elektronik paling terkenal di Bandung, terletak di Jalan Purnawarman), Bandung Electronic Mal (pusat perbelanjaan elektronik terbesar di Bandung, terletak di Jalan Naripan), ada Plaza IBCC, di Jalan Jakarta, ada Lucky Square dan Bandung Trade Mal (di Jalan Ahmad Yani, Cicadas), ada Bandung Trade Centre (di Jl Djunjunan), dan beberapa mal dan plaza lainnya.


Semua pusat perbelanjaan diatas telah dijelajahi oleh Kardoman baik sendiri maupun bersama  teman2. Kali ini Kardoman dan teman2 sedang berada di Bandung Supermal (BSM). Mal terbesar di Bandung ini biasanya selalu penuh diakhir pekan, sedangkan pada hari-hari biasa sepi. Kata orang sih belanja disini mahal, jadi biasanya yang belanja hanya orang-orang kelas atas saja. Ha...ha.. Sekarang mall ini telah berubah, menjadi mall paling spektakuler di Bandung dengan hadirnya Trans Studio dengan Hotel-nya yang  digadang-dagang sebagai Hotel Bintang 6.




Kardoman dan teman2 sedang berada di Basement Braga City Walk. Plaza ini terletak di Jalan Braga, dengan konsep walk sangat cocok buat dijadikan tempat nongkrong. Plaza ini merupakan salah satu plaza tertua di kota Bandung yang masih eksis dan plaza ini juga biasanya sepi dikunjungi. Tidak banyak yang menarik untuk dilihat di plaza ini selain dari beberapa tempat makan yang terkenal mahal. Tapi sebagai mall explorer, plasa ini juga wajib dikunjungi untuk menambah deret panjang perjalanan. hehehe..





Kardoman sedang berada di depan Hotel Savoy Homann, hotel paling terkenal di Bandung dan hotel ini dijadikan temapt penginapan seluruh perwakilan/duta dari negara-negara apabila ada Konferensi Asia Afrika dan juga kegiatan2 berskala internasional lainnya. Hotel berbintang 4 ini berlokasi di Jalan Asia Afrika menghadap Tugu 0 km Kota Bandung dan tidak jauh dari hotel ini kita dapat melihat-lihat Bandung Tempo Doeloe dengan bangunan-bangunan khas kolonial yang dirawat rapi. Cukup dengan menyeberang, maka kita akan bertemu dengan Museum Konferensi Asia Afrika.

Sebenarnya masih banyak sih yang mau kita lihat di kota Bandung. Tapi ceritanya ntar kita lanjutin lagi yah..dah....

2 comments:

braga citywalk said...

photo2 nya bagus,, minta ijin saya copas satu ya,,di websitenya kami, disini. http://bragacitywalk.net/category/14238/photo-anda.html

Kardoman Tumangger said...

@bragacitywalk: oke silahkan di copy and paste, kami senang berkunjung ke Braga juga ke Braga City Walk..