Thursday, November 17, 2011

Long Journey to BPS Pertamina Part 2

Well, sesudah bercerita di Part 1, sekarang saya mau melanjutkan cerita ke Part 2 dari perjalanan panjang saya menuju BPS Pertamina 2011. Sebagaimana cerita saya sebelumnya, saya lulus dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran pada 19 Oktober 2010 dan diwisuda pada tanggal 24 November 2010 dengan Pujian dan mendapat Dekan Award.

Kardoman (tengah) bersama kakak tertua (kiri) dan Ibunda (kanan)
Lulus dengan predikat demikian adalah sebuah tanggung jawab yang sangat besar karena akan menjadi tolok ukur bagi temen-teman yang lain maupun bagi junior di kampus. Pertanyaan wajib adalah: Sudah bekerja? Bekerja dimana? Dan pertanyaan ini kadang-kadang sangat menyakitkan apabila kita belum mendapat pekerjaan. (Hehehe, curhat nih)...


Kardoman (kedua dari kiri) bersama temen-temen wisudawan berfoto bersama Pembimbing Skripsi Kardoman

Pasca lulus dan menyandang gelar SH, Kardoman sempat luntang-lantung nyari pekerjaan. Semua usaha telah dicoba dan semua bidang usaha sudah dilamar. Mulai dari ikut job fair, apply online, kirim e-mail, sampai mengantar langsung, mulai dari bidang perbankan (paling banyak), lawfirm, otomotif, consumer goods, sampai bidang pertambangan. Salah satu pengalaman paling menarik adalah pada saat mengikuti Job Fair Universitas Indonesia di Depok (10-12 Februari 2011) dan saya menginap di kosan Joshua (thanks my bro). Kardoman bersama beberapa teman yang juga masih menganggur diantaranya Nova, Nurul, Panca & Tini menghadiri job fair tersebut pada hari pertama. Saya memasukkan semua lamaran kecuali ke Pertamina karena antriannya yang menggila. Pada hari itu, saya & teman2 lulus test administrasi untuk ODP Mandiri dan dilanjutkan keesokan harinya dilanjutkan tes wawancara awal.

Pertamina Job Fair 2011 di berbagai kampus

Keesokan harinya sebelum tes wawancara awal dilaksanakan, saya dan teman2 dihadang hujan deras dan petir menyambar2. Tetapi saya dan teman2 tetap nekad dengan menyewa ojek payung. Di perjalanan menuju ruang wawancara, ada mobil avanza lewat dengan kecepatan sedang dengan angkuhnya menyiram kita dengan genangan air yang ada di jalan. Sial!! Tapi mau apa di kata. Untung hasilnya Kardoman dan Nova lulus dan dilanjutkan dengan tes TOEFL. Sehabis wawancara, saya masuk lagi ke dalam gedung job fair dan antrian Pertamina tetap menggila. Saya tidak berniat antri berlama-lama, tetapi atas desakan teman saya (Tini), saya akhirnya menjadi orang terakhir yang memasukkan lamaran ke Pertamina pada hari kedua job fair tersebut.

Pada saat memasukkan lamaran, biasanya akan diminta sertifikat TOEFL dari lembaga yang bonafid dan minimal score adalah 450. Setelah memasukkan lamaran tersebut, tidak seperti perusahaan-perusahaan lain yang langsung ada pengumuman dalam waktu dekat, Pertamina tidak ada menghubungi saya lagi. Hal ini memang dimaklumi karena jumlah pendaftar lebih dari 20.000 ribu orang sehingga menyulitkan tim rekrutmen dalam Seleksi Administrasi.

Akhirnya,..
Surat cinta itu pun datang lewat e-mail dan sms pada tanggal 24 Maret 2011 untuk mengikuti Tes Psikologi yang akan diadakan pada Selasa, 29 Maret 2011 di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Jalan Salemba Raya No. 4, Jakarta. Tes psikologi yang dilakukan sama seperti psikotest pada umummnya, yaitu tes intelegensia dan tes kepribadian. Yang pasti tidak ketinggalan adalah Wartegg Test & Pauli Test.

Pada 14 April 2011, undangan tes Wawancara HR & User Fungsi Legal masuk ke inbox e-mail dan hp, hal ini pertanda aku lulus psikotest. Asyiknya...Tes wawancara ini diadakan pada Selasa, 19 April 2011 di Lantai M Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur No. 1A. Tes Wawancara dengan HR seputar CV, terutama mengenai hobby dan aktivitas semasa kuliah. Sedangkan wawancara user menanyakan pertanyaan mengenai ilmu hukum atau sesuai dengan fungsi yang kita lamar.

Pada tanggal 21 April 2011, undangan untuk Tes Kesehatan masuk ke inbox. Wow, sudah semakin dekat saja. Tes kesehatan diselenggarakan pada Senin, 25 April 2011 di Pertamina Medical Center, Gambir. Adapun yang dites adalah semua kesehatan tubuh, mulai dari telinga, mata, hidung, paru-paru, jantung, ginjal, sampai anus. Termasuk juga yang dicheck kolesterol, gula darah, air seni bahkan kotoran yang disuruh dibawa dari rumah. Dan bagian yang terakhir adalah lari keliling lapangan banteng 4x400 m pada jam 4 sore. Untuk cowok, paling ideal 8 menit dan untuk cewek 10 menit.

Setalah tes kesehatan dinyatakan lulus, maka tahap terakhir adalah Wawancara Top Management yaitu wawancara dengan manager/VP/SVP dari fungsi tersebut. Karena aku melamar fungsi Legal, maka yang mewancarai aku adalah Chief Legal Counsel (SVP) Pertamina.

Pada tanggal 27 Juni 2011 (1 bulan sesudah Wawancara Top Management), ada e-mail masuk dan ternyata adalah e-mail pemberitahuan pengunduran pengumuman yang seharusnya tanggal 27 Juni menjadi Minggu I/II Juli 2011. Kemudian pada tanggal 3 Juli 2011, ada e-mail yang masuk inbox yang berisi pernyataan "dengan ini kami menyatakan berdasarkan hasil yudisium diputuskan bahwa saudara dinyatakan lulus sebagai calon peserta Bimbingan Profesi Sarjana Tahun 2011." Akhirnya penantian panjang untuk menjadi peserta BPS Legal Pertamina Tahun 2011 terjawab sudah dengan indah. Pada 01 Agustus 2011, Kardoman akhirnya resmi masuk Pertamina Learning Center & Pertamina Simprug Residence untuk dididik menjadi pekerja Pertamina.




8 comments:

Ivonne Sinambela said...

Ciee...cieee... yang keterima di Pertamina. Selamat berkarya dan selamat berbakti bagi bangsa dan negara (itu harga mati..!!!!)

Kardoman Tumangger said...

@ Ivonne: terima kasih kakak, doakan saya untuk bisa mengabdi bagi bangsa dan negara melalui bekerja di Pertamina. hehehehe..

Anita Rwt said...

mas,mo tanya pada saat pengisian lamaran pertamina,
apakah klom achievement itu wajib dimiliki setiap pelamar?
karena saya tidak punya penghargaan lomba sama sekali. terimakasih :)
nice info

Kardoman Tumangger said...

@ Anita: Tidak wajib sih, kalau memang tidak ada mau diisi apa? Gak mungkin kita ngarang2 khan? Hehehe..

Anonymous said...

kak,,, mau nanya..
pd saat wawancara apa aja yg ditanya?
tx.

Anonymous said...

Pada saat wawancara apa ajayg ditanya kak?

Kardoman Tumangger said...

@Anonymous: Tergantung jenis wawancara apa, kalau wawancara user biasanya berkaitan dengan pekerjaan yang kita lamar sedangkan kalau wawancara dengan HR biasanya kepribadiaan kita, hobby kita, pokoknya semua tentang kita #kok jadi kaya judul lagu ya. Hahaha...

Mardalita Anugrowati said...

Kak saya mau bertanya pada saat mendaftar di job fair ada perusahaan pertamina, apakah wajib membawa hasil testoefl sedangkan saya baru lulus tetapi berniat melamar pekerjaan ke pertamina?kalau belum punya apakah boleh tidak kak?apakah sebaiknya mengikuti tahun depan? terimakash