Sunday, December 25, 2011

BPS Legal Pertamina 2011 Part 1 – Wawasan Korporat



Registrasi Ulang

Setelah dinyatakan lulus sebagai peserta BPS Legal Pertamina 2011, hal yang pertama sekali dilakukan adalah melakukan registrasi ulang tanggal 01 Agustus 2011 di Gedung Olah Raga (GOR) Pertamina Learning Center (PLC), Jl Sinabung II, Terusan Simprug, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Setelah registrasi ulang dilakukan, saya bersama teman-teman lainnya mendapat pembagian kamar-kamar di Pertamina Simprug Residence (PSR), letaknya hanya beberapa meter dari GOR. Dan disinilah saya bertemu dengan dua orang yang akan menjadi room mate-ku sekaligus sahabat terbaik selama  berada di PLC.  Dan kami mendapat kamar di lantai 3 dengan nomor cantik, 333. Sesuatu banget….

ESQ Training

Menara 165 - ESQ Training

Dua hari pertama, atau tepatnya 2-3 Agustus 2011, yang kami – siswa/i BPS Pertamina lakukan adalah mengikuti ESQ Training di Menara 165, Jl TB. Simatupang. Apa yang kami dapat disini sangat mengejutkan sebagian besar para siswa. Why? Well, kegiatan disini adalah semacam training untuk meningkatkan emotional and spiritual question atau kecerdasan emosional dan spiritual dengan pendekatan Islami. Guess what? Tentu saja hal ini bertentangan dengan apa yang dianut oleh para siswa Non-Islam, bahkan dari temen-temen yang Islam sendiripun banyak yang resistance terhadap ESQ Training ini. Apa yang kita lakukan di ESQ Training ini? Kita dimasukkan ke dalam ruangan super gelap dan super dingin, kemudian dibacakan beberapa ayat-ayat Al-Quran diiringi dengan music dan instrumental yang sangat keras. Beberapa diantara temen-temen ada yang menangis, tersungkur dan bahkan tengkurap di lantai, namun beberapa diantaranya (termasuk aku) merasa hal ini sangat aneh. But, it’s ok lah, cuz we have to pass this
step.

Wawasan Korporat

Hari ketiga sampai 2 minggu ke depan, kita mendapat Wawasan Korporat, yaitu suatu modul yang pada intinya adalah all about Pertamina. Pada saat ini, aku kemudian berkenalan dengan 17 orang orang yang merupakan Sarjana Hukum hebat dari seluruh Indonesia yang akan bergabung dalam BPS Legal Pertamina 2011. Maka lengkap sudah tim ini yang terdiri dari 20 orang yaitu 1 orang alumni USU (Helen), 2 orang alumni UI (Rinta & Anggi), 1 orang alumni Trisakti (Ellice), 2 orang alumni Unpad (aku dan Ivonne), 4 orang alumni Undip (Troy, Marsha, Dynatansia, Harto), 5 orang alumni Unibraw (Henry, Rizal, Malik, Wawan, dan Didit), 4 orang alumni Unair (Febri, Dinda, Rika dan Dana) dan 1 orang alumni Unud (Desy). Inilah Tim yang akan bertanggung jawab atas masa depan Hukum Korporat Pertamina. Wow? It’s sounds great, isn’t it?

Persiapan Ujian Wawasan Korporat

Pada saat2 ini adalah saat-saat yang sangat membangun hubungan kekeluargaan kami. Kami yang biasanya hidup bebas baik sebagai mahasiwa/pekerja atau pun pengangguran, tiba-tiba diperhadapkan dengan kondisi asrama dimana ada banyak aturan yang mengekang kebebasan. Kami kemudian saling bahu membahu untuk mendukung seluruh angota Tim agar tidak ada yang melanggar satu aturan selama di asrama. Kami membentuk jadwal piket yang bertugas untuk membangunkan teman2 di pagi hari kemudian untuk mem-booking kursi untuk dua puluh orang di GOR. Kebetulan pada saat ini adalah Bulan Suci Ramadhan, jadi mayoritas peserta menjalankan ibadah puasa.  Keakraban dan persaudaraan pun sangat cepat terjalin diantara kami. Pada saat menjelang ujian Wawasan Korporat, semua belajar bersama-sama. 

Our Saddest Time

Pada tanggal 7 Agustus 2011, adalah hari berduka buat keluarga baru Legal. Ayah dari salah seorang teman kami (Malik) telah berpulang ke rahmatullah. Dan kami secara spontan langsung berkumpul dan mendukung temen yang sedang berduka. Hal ini semakin mempererat solidaritas diantara kami.

Upacara Hari Kemerdekaan

Foto Bersama di Kantor Pusat Pertamina

Pada tanggal 17 Agustus 2011, semua peserta BPS diharuskan mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-66 di Lapangan Parkir Kantor Pusat PT Pertamina (Persero), Jl Medan Merdeka Timur No. 1A. Semua bersukaria karena bisa menikmati dunia luar walaupun untuk sejenak. Hanya ada satu hal yang membuat kita langsung merasa tidak nyaman, yaitu “kewajiban mengikuti ESQ Training selama beberapa jam langsung dari Guru ESQ Indonesia”. Wew….tapi semuanya kita lakukan, meski kebanyakan tidak serius, alias ketawa-ketiwi. 

Hang Out Bersama ke Senayan City

Foto Bersama di Senayan City

Habis perayaan 17 Agustus, kita serombongan pergi ke Senayan City buat nonton bareng. Adapun film yang kami pilih adalah Fast Furious 5, sesudah itu dilanjutkan dengan makan bareng dah.. ingat banget waktu itu, kalo ada waktu pesiar (istilahnya keluar dari asrama), wah pasti pada heboh banget.

No comments: