Sunday, July 15, 2012

Madagascar 3 vs Ice Age 4 : Kisah tentang Persahabatan

Bagi para penggemar film animasi maka film Madagascar dan Ice Age pasti sudah tidak asing lagi. Dua film ini mengangkat tema persahabatan, salah satu tema yang paling saya suka. Dalam dua film diatas, Madagascar 3 dan Ice Age 4, bercerita tentang kisah persahabatan. Dalam film Madagascar 3, semuanya saling membantu, melindungi dan mendukung sahabatnya sampai akhirnya mereka mencapai tujuan mereka, yaitu kembali Central Park Zoo di New York. Memang dalam perjalanan persahabatan mereka tidak selalu indah, selalu ada perbedaan pendapat bahkan yang mengarah pada perpecahan. Namun, karena satu sama lain saling mendukung, mereka bisa menyelesaikan setiap perpecahan. Demikian juga dalam Ice Age 4, semua saling mendukung. Bahkan diakhir dari film ini, dinyanyikan sebuah lagu yang sangat indah oleh semua pemain  berjudul "We' re Family". Indah sekali.


Penulis ingin bercerita sedikit tentang pandangan penulis tentang persahabatan. Begitu kata persahabatan penulis ketik dalam Google, maka kalimat yang paling banyak muncul adalah "Friendship is everything" atau terjemahannya "Persahabatan adalah segalanya." Wow, so sweet banget ya dan sedikit berlebihan! Ya, tapi memang itulah kenyataannya. Saya tidak bisa membayangkan apa jadinya apabila tidak ada sahabat yang selalu mendukung kita. Penulis sendiri sudah merasakan betapa indah dan bermanfaatnya seorang sahabat dalam kehidupan Penulis. Sahabat penulis sejak kecil, Denny adalah salah satu orang yang selalu ada dan mendukung penulis dengan berbagai cara sampai akhirnya Penulis bisa kuliah di Bandung. Sahabat penulis di kampus: Gilbert, Kartini, Panca, Felix, dan masih banyak lagi adalah juga orang-orang yang luar biasa memberikan dukungan kepada penulis hingga menyelesaikan kuliah. Bahkan di dunia kerja juga penulis mempunyai beberapa sahabat yang selalu mendukung. Bahkan salah satu sahabat Penulis, Fransco, ketika Penulis berkata: "thanks for being my friend", dan dia menjawab, berkata, "sorry, we're not friend, but we're brother."
Terkait dengan persahabatan, Alkitab mencatat dalam Amsal 17:17 yang berbunyi: "Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran." Sebuah kata-kata yang sungguh indah.  Demikian juga dalam kitab Amsal 18:24 yang berbunyi: "Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara." Saking akrabnya, bahkan ada banyak rahasia yang tidak kita ceritakan kepada saudara kita, tetapi kita menceritakannya kepada sahabat kita. Sahabat baik pasti selalu mendukung kita, selalu ada untuk kita dan rela berkorban untuk kita, itulah sebabnya mengapa kita membutuhkan seorang sahabat. Penulis benar-benar tersentuh ketika Tuhan Yesus berkata bahwa kita adalah sahabatnya. Dalam Yohanes 15:13, Yesus berfirman bahwa : “Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya”. Dan Yesus memberikan nyawanya untuk kita karena kita adalah sahabatnya. Luar biasa sekali!! 
Lalu, kalau kita mempunyai sahabat-sahabat yang luar biasa, kita juga harus menjadi seorang sahabat yang luar biasa juga bagi sahabat-sahabat kita. Jangan sampai kita kehilangan sahabat-sahabat kita karena biasanya "segala sesuatu baru akan berharga ketika hilang." Bagaimana menjadi sahabat yang baik?
  1. Menunjukkan kasih dalam setiap waktu. Seorang teman / sahabat yang baik akan memberikan waktunya kepada sahabatnya pada saat ia membutuhkannya.  Seorang sahabat harus rela mengorbankan waktu untuk dirinya sendiri demi sahabatnya itu.
  2. Menjadi saudara dalam kesukaran. Kita akan merasa lebih membutuhkan seorang teman / sahabat ketika sedang dalam kesukaran.  Seorang sahabat yang baik akan menolong sahabatnya untuk keluar dan mengatasi kesukarannya tersebut.
  3. Bisa dipercaya. Dalam persahabatan yang sejati ada rasa saling percaya dan ada keterbukaan.  Ia bisa menjadi tempat curhat bagi sahabatnya. Ia tidak akan menceritakan / membocorkan rahasia kepada orang lain.
Beberapa quotes tentang persahabatan yang sangat bagus:

“Don't walk behind me; I may not lead. Don't walk in front of me; I may not follow. Just walk beside me and be my friend.” ― Albert Camus

“A friend is someone who knows all about you and still loves you.” ― Elbert Hubbard

“There is nothing I would not do for those who are really my friends. I have no notion of loving people by halves, it is not my nature.” ― Jane Austen, Northanger Abbey

“A friend is one that knows you as you are, understands where you have been, accepts what you have become, and still, gently allows you to grow.” ― William Shakespeare

“I would rather walk with a friend in the dark, than alone in the light.” ― Helen Keller

“What is a friend? A single soul dwelling in two bodies.” ― Aristotle

“Never leave a friend behind. Friends are all we have to get us through this life--and they are the only things from this world that we could hope to see in the next.” ― Dean Koontz, Fear Nothing

Selamat memiliki sahabat yang sejati!!!

No comments: