Saturday, December 31, 2011

BPS Legal Pertamina 2011 Part 4 – Kelas Fungsi Legal, HSSE & Firefighting

Tahapan selanjutnya setelah kewiraan adalah kelas Fungsi Legal selama ± 1 bulan, dari tanggal 17 Oktober – 12 Nopember 2011. Hari pertama diisi oleh Chief Legal Counsel Pertamina yaitu Alan Friederick seputar membangun motivasi kerja sebagai seorang in house lawyer. Satu minggu kedepan diisi dengan materi Pengenalan Fungsi Hukum di Pertamina, yang terdiri dari Legal Planning, Legal Upstream, Legal Refinery, Legal Marketing & Trading, Legal Corporate Function, Civil Case Litigation, Crime Case Litigation, Non-Litigation & Expert Group. Masing-masing manager fungsi memberikan penjelasan mengenai fungsinya.

Bersama salah satu Instruktur - Bpk. Yahya Harahap
Selain itu, materi-materi yang dipelajari antara lain legal aspects pada Procurement, Taxes, MoU & CA, M&A, Upstream, Downstream, GCG, Arbitration & ADR, Agrarian, Intellectual Property Rights, Insurance, Asset Restructuring, PSC, Corruption & Gratification, Charter Boat, Negotiation, LNG business, Asset Utilization, Bankruptcy, Project Finance, EPC Contract, Company Law, Unfair Competition Law, Labor Law, Direct Investment, Civil & Criminal Procedural Law, Internal Audit, and many more….



Ulang Tahun Wawan

Pocong vs Bencong

Tanggal 23 Oktober 2011 mungkin adalah hari special buat Wawan, yap, salah satu temen kami ini sedang berulang tahun yang ke 24. Sebenarnya hari itu adalah hari-hari biasa saja bagi kami sampai pada malam hari saatnya mengeksekusi setiap orang yang berulang tahun (sudah wajib hukumnya). Hahaha…. Konsepnya adalah Pocong vs Bencong. Saat Wawan sudah tidur, maka masuklah bencong (diperankan Harto) dan memeluknya (teknisnya Penulis kurang tahu karena Penulis harus mengumpet). Setelah itu, Penulis masuk kamar Wawan ketika dia masuk, saya langsung member surprise dengan melompat sebagai sepotong pocong. Wkwkwkw…..kena deh, inget banget gimana muka Wance (panggilan sayang anak2) kaget banget….





Rooftop Activities

@ Rooftop PLC


Selama kegiatan fungsi, tingkat kebosanan sudah meningkat. Dan untuk mengusirnya, berbagai upaya telah kami lakukan (bahasa birokrat banget ya). Salah satunya adalah rooftop activities, yaitu foto-foto pada malam hari fi rooftop PLC. Agak sedikit aneh dan gila sih, tapi ya, gak apa2lah. Hahaha..



Pertandingan Senam

Bersama pembimbing di GOR
Setiap Senin, Rabu dan Jumat, setiap jam 5 ada kegiatan senam militer yang dilatih oleh para pelatih dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Saat ini kita sudah tidak mengeluh lagi soalnya sudah terbiasa selama sebulan di Pangalengan. Hahaha…dan ending dari latihan senam ini adalah pertandingan antar fungsi. Dan kebetulan, fungsi Legal mendapat kesempatan kedua di hari pertama. Dan kita berhasil menggemparkan berkat koreografer handal kita, Wawan Gunawan, upss salah M. Kurniawan.


MySAP & HSSE

Sehabis kelas fungsi Legal, maka ada kelas MySAP yaitu suatu system yang membantu proses bisnis dan administrasi di suatu perusahaan (mungkin ya, hahaha). Kita mempelajari SAP untuk HR & Procurement. Kebetulan Penulis sudah pernah menggunakan MySAP di perusahaan lama jadi udah agak “mudeng”, sedangkan teman2 yang belum pernah berhubungan dengan “mahluk” ini sebelumnya, hanya bisa melongo, bingung dan mengantuk. Wkwkwkw…..

Foto bersama Legal & HR


Sehabis kelas MySAP, ada kelas HSSE (Health, Safety, Security & Environment). Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, maka motto “safety first” adalah biasa. Maka motto Pertamina kini adalah “Zero Accident”. Materi HSSE diisi oleh bagian internal Pertamina dan kelas Legal bersama-sama dengan kelas HR.

Bertemu Para Manager di Legal Counsel

@ Pertamina's Head Office, East Medan Merdeka Street No. 1A


Selanjutnya, 18 Nopember 2011, kita berangkat ke Kantor Pusat Pertamina – Legal Affairs untuk bertemu dengan CLC dan para manager hukum. Intinya sih untuk mendapat pengarahan dari CLC sebagai bekal untuk On the Job Training (OJT) nantinya.

Pertamina's Head Office


Firefighting

Penulis beserta Tim Firefighting
Keesokan harinya adalah hari yang sangat mendebarkan, FIREFIGHTING. Yap, merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang pemadam kebakaran. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melindungi diri sendiri dan pekerjaan dari resiko kebakaran. Dan kegiatan ini dilakukan di Maritime Training Center Pertamina di daerah Plumpang, Jakarta Utara.
Yang pertama kita lakukan adalah memadamkan api ringan dengan berbagai jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Kemudian memadamkan api yang besar dengan menggunakan selang pemadam kebakaran. Hu……………………….seru sekali, mendebarkan dan tak pernah terlupakan.

No comments: